12 CARA MENINGKATKAN KINERJA KOMPUTER

     kali ini saya akan membagikan tips agar kinerja komputer berjalan lebih cepat. karna pasti jika komputer anda sudah mulai terasa lambat, mungkin akan membuat anda kesal. bukan hanya itu pekerjaan andapun bisa jadi akan terhambat. akibatnya, mobilitas anda akan terganggu dan bisa jadi masalah besar untuk pekerjaan anda yang tergantung pada komputer. sebelum anda mengeluarkan jutaan atau bahkan puluhan juta untuk membeli komputer baru, ada baiknya anda mengikuti lagkah sedehana di bawah ini.

1.cadangkan atau backup komputer anda

     pada umumnya semua orang sering menyimpan banyak sekali dokumen penting, foto, video pada satu komputer. hal ini akan membebani hard drive komputer anda. akibatnya komputer akan menjadi lebih lambat dalam membaca data. maka ada baiknya anda mencadangkan file-file anda ke media lain. berikut adalah media yang bisa digunakan untuk mencadangkan file-file komputer anda.


  • Beli hard drive external dengan kapasitas yang lebih besar. ketika hard drive external di tancapkan ke komputer, maka secara otomatis anda akan diberi opsi oleh komputer untuk menggunakan hard drive tersebut sebagai cadangan.
  • Menggunakan penyimpanan online sebagai media backup anda. bila anda takut hard drive anda akan rusak atau hilang anda bisa memilih opsi ini. anda bisa mengatur komputer anda ke penyimpanan awan (cloud) secara terjadwal atau bahkan setiap kali anda membuat perubahan pada berkas. contoh penyimpanan online : dropbox, google drive, mediafire, pcloud dan masih banyak lagi.
  • Cadangkan ke dvd atau vcd. walaupun cara ini terbilang kuno tapi masih banyak orang yang menggunakan media vcd dan dvd untuk menyimpan berkas. tapi anda harus berhati-hati dalam menyimpan vcd atau dvd anda, agar tidak tergores, hilang atau pecah.
2.mulai ulang komputer anda
    
    Restart ulang komputer anda akan membuat memori menjadi refresh. Namun langkah ini hanya bersifat sementara ketika komputer sudah terlalu lama dipakai.
      NOTICE: pastikan anda telah menyimpan dokumen yang  
                     sebelumnya sudah anda kerjakan.


3.hapus program yang tidak penting

     mungkin sulit membadakan program mana saja yg tidak penting untuk anda. akan membantu jika anda memeriksa seberapa sering anda membuka program tersebut.
     
     buka kontrol panel kemudian klik add or remove program untuk mencari dan memilah program-program yang ada dikomputer. beberapa program akan langsung dikenali sebagai program yang tidak berguna. sehingga anda bisa langsung menghapusnya. dan jangan lupa untuk mengosongkan recycle bin.



 4.matikan beberapa program agar tidak berjalan sa'at booting

     beberapa program akan langsung memulai saat komputer dihidupkan. ini akan membuat booting komputer akan terasa lama. untuk mengatasinya :

buka task manager kemudian pilih startup


 kemudian klik kanan pada program yang enable dan ganti disable.  
ini akan menghentikan program berjalan pada saat booting 



    
5.ubah opsi daya pada komputer menjadi high performance

     pengaturan ini mengendalikan penggunaan daya pada komputer anda. entah dengan menurunkan kinerja komputer agar baterai tahan lama. atau meningkatkan kinerja komputer namun menurunkan daya tahan baterai. atau bisa juga anda pilih balance. 
     
     namun biasanya pada laptop akan tersedia pilihan, high performance jika laptop plugg in atau laptop sambil di cass. atau maximaze battery jika anda hanya mengandalkan battery laptop saja.


klik gambar battry pada pojok kanan bawah dekstop anda - kemudian pilih pengaturan battrey yang ingin anda gunakan. change plan setting untuk melihat opsi lainnya..

6. non aktifkan efek visual
   
    ada 20 efek visual yang bisa dinonaktifkan atau diaktifkan. agar memperoleh kinerja komputer yg lebih baik ada baiknya jika anda menonaktifkan semua efek visual. dengan cara sebagai berikut :

  buka kontrol panel dan pilih sytem and security




kemudian pilih system


klik advance performance


pilih advance dan klik setting



pada visual effect pilih " adjust for best performance "



dengan begitu maka seluruh visual effect di tiadakan..

7.jalankan disk defragment

    ketika data sudah terpecah-pecah maka komputer akan mencari data diseluruh cakram keras. melakukan defragment akan menata data tersebut dan membebaskan banyak ruang.sehingga beban komputer berkurang dan pastinya lebih cepat dalam membuka data..

    buka my komputer - klik kanan hard drive - klik properties - klil tools -   
    klik deframant now  

cara ini mungkin berbeda di versi windows lainnya.


8.pasang antivirus, pemindai spyware dan anti malware

    semakin sedikit bug, virus, dan adware pada komputer anda, semakin cepat komputer anda menjalankan proses lain. jagalah windows agar selalu terbarui, ini tidak hanya membuat windows berjalan dengan lancar, tetapi juga mencegah virus menempel dipembaruan windows  yg di download dalam waktu yg lama..


9.hapus berkas temporer
     
    pada saat anda mengakses atau menjalankan program tertentu komputer akan menghasilkan berkas temporer. jika ini diabiarkan cukup lama maka berkas temporer akan memenuhi disk drive anda. dan tentu saja hal ini bisa memperlambat kinerja komputer. anda dapat menghapus berkas tersebut dengan cara :

  tekan tombol window dan r secara bersama - kemudian ketikan %temp% dan 
  klik enter - hapus semua berkas di dalam aesip secara permanen.  

atau anda bisa menggunakan aplikasi pembersih seperti ccleaner,revo unistaller dan sebagainya..


10.beri tambahan ram pada komputer

      periksalah komputer anda apakah membutuhkan tambahan ram atau tidak, dengan cara, buka task manager, dibawah tab performance carilah area yang bertuliskan physical memory, jika angka yang tertera di samping available menunjukan kurang dari 25% dari total physical memory, maka anda perlu menambah RAM.
      
     menambah memory yang lebih besar, belum tentu membuat komputer anda lebih cepat. jika ketika anda beralih jendela atau tugas komputer masih lambat. atau ketika anda membuka banyak tab peramban (browser) bersamaan, menambah RAM bisa berguna untuk kegiatan multitasking seperti itu,

     anda bisa membawa komputer anda pada ahlinya untuk menambah ram, atau anda juga bisa menambah ram sendiri jika anda mengetahui lebih lengkap tentang spesifikasi komputer anda. karna menambah ram tidak boleh sembarangan. apalagi terdapat beberapa jenis ram.


11.hapus gadget yang tidak diperlukan.
      
      mungkin ini terdengar sepele namun jika terlalu banyak gadget pada dekstop anda maka komputer anda akan akan bekerja lebih keras, untuk itu anda perlu menghapusnya. lumayan kan hemat ram apalagi jika komputer memilki kapasitas ram yang sedikit.
12.pertimbangkan untuk upgrade perangkat keras komputer

      komputer melambat mungkin karna hardware yang sudah lama harus mengoprasikan sistem atau software yang baru. ketika komputer dipasarkan, hardwarenya dirancang untuk menjalankan sistem atau software pada masa itu. sedangkan software pada komputer itu terus berkembang dan terbarui, yang biasanya software itu membutuhkan spesifikasi komputer yang lebih tinggi.

     jadi komputer lama anda mungkin masih bisa menjalankan software yang baru, hanya saja akan ada penurunan kinerja pada komputer. karna komputer anda harus bekerja lebih keras untuk menjalankan software yang baru tersebut. alangkah baiknya anda mengganti beberapa part pada perangkat keras komputer anda.


itulah sedikit cara untuk meningkatkan kinerja komputer anda, semoga bisa bermanfaat

 

Comments

Popular posts from this blog

Hardisk Kamu Rusak ?? Coba Cara Ini !!!!